6 Penyebab HP Android Ngelag dan Patah Patah Saat Main Game

Biasanya saat hp mulai lag dan crash, ada beberapa tandanya, seperti layar hp yang lambat merespon sentuhan, aplikasi crash, dan performa yang lambat. Jika ponsel Android Anda lambat dan sulit menjalankan perintah sederhana sekalipun, mungkin ada beberapa masalah yang menyebabkannya.

Artikel kali ini mengenai masalah hp android lag dan crash saat bermain game, yang bisa anda jadikan referensi untuk mengetahui permasalahan pada hp android yang anda miliki.

Memori RAM Penuh

RAM adalah memori yang digunakan ponsel Android untuk mengelola data. Ram digunakan oleh sistem operasi dan aplikasi apa pun yang dijalankan ponsel Android, jadi semakin banyak aplikasi yang digunakan, semakin banyak pula potongan kode komputer yang memenuhi RAM perangkat sehingga dapat menyebabkan RAM penuh, jika ram ponsel Android tersebut full masalahnya bisa membuat hp lag dan restart sendiri.

Android secara umum sangat efektif dalam mengelola memori, dan mengosongkan sumber daya bila diperlukan. Namun, jika Anda menggunakan aplikasi atau game yang memerlukan lebih banyak RAM daripada yang dapat disediakan oleh sistem Android, maka ponsel akan mulai merasakan adanya perlambatan sistem. Aplikasi lain yang berjalan di latar belakang juga akan mulai menjadi lebih lambat, dan mungkin mati.

Aplikasi Rusak

Aplikasi Android mungkin tiba-tiba berhenti berfungsi. Hal ini mungkin terjadi pada aplikasi apa pun yang pemrogramannya buruk, dan juga bisa menjadi masalah saat memindahkan aplikasi ke ponsel Android.

Karena aplikasi yang dimigrasi bukan dari Google Play Store, aplikasi tersebut mungkin melewatkan pembaruan untuk sementara. Sehingga, aplikasi-aplikasi tersebut lebih rentan crash dan memperlambat kinerja ponsel Android.

penyebab game lag di android

Terlalu Banyak Aplikasi/Game

Memainkan game dengan intensitas grafis tinggi selama berjam-jam di hp android bisa menyebabkan hp lag. Hal ini biasanya terjadi karena game membebani prosesor sehingga menyebabkan perangkat smartphone menjadi panas. Prosesor sensitif terhadap panas. Semakin panas ponsel Anda, maka semakin lambat menjalankan sistemnya yang membuat ponsel menjadi lag dan patah-patah saat bermain game. Jika terlalu panas, kecepatan akan turun drastis, dan perangkat pada akhirnya akan mati.

Penyimpanan Internal Penuh

Pada saat Anda menerima peringatan “Ruang Penyimpanan Penuh”, beberapa fungsi penting mungkin sudah bermasalah. Mungkin itu bukan masalah besar, karena mengosongkan sebagian ruang di ponsel android bisa mengatasi masalah ini.

Penggunaan aplikasi seperti Instagram dan Facebook dalam waktu lama adalah beberapa penyebab kurangnya ruang memori, begitu pula dengan aplikasi perpesanan. Semuanya menyimpan banyak gambar dan file lain ke perangkat ponsel cerdas Anda, yang lambat laun dapat memenuhi penyimpanan Anda.

Yang perlu anda ketahui adalah aplikasi media sosial seperti Facebook, Instagram dan WhatsApp dapat menyimpan gambar dan video meskipun aplikasi tersebut tidak digunakan karena aplikasi tetap berjalan sesuai pengaturan yang anda buat.

Perangkat tidak diperbarui

Setiap rilis baru sistem operasi Android sering kali disertai dengan peningkatan lebih lanjut, sementara produsen perangkat meluncurkan pembaruan keamanan rutin dan perbaikan bug untuk meningkatkan kinerja secara keseluruhan. Jadi, menginstal OS terbaru dan pembaruan lainnya dapat memberikan perbaikan bug dan mengatasi masalah perangkat lunak sebelumnya.

Namun tidak semua hp android akan mendapatkan update OS secara bersamaan, jika hp anda tidak mendapatkan update sistem, maka kemungkinan smartphone anda akan lag saat menjalankan beberapa aplikasi yang terus diupdate oleh developer.

Spek HP Terlalu Rendah

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan, ponsel Android yang Anda gunakan mungkin saja yang bermasalah. Tidak peduli seberapa keras Anda mencoba dan mengoptimalkan kinerja ponsel Anda menggunakan berbagai cara, smartphone dengan spesifikasi rendah dengan prosesor lambat dan RAM yang minim akan selalu cenderung tertinggal. Demikian pula, ponsel lama akan mulai menunjukkan usianya setelah beberapa saat.

Cara Mengatasi HP Lag Saat Main Game

Cara termudah jika ponsel Android Anda terlalu lag dan rusak parah saat melakukan aktivitas seperti bermain game, sebaiknya pertimbangkan untuk mencoba mereset perangkat ke pengaturan pabrik.

Bagi banyak pengguna Android, melakukan reset penuh pada ponsel adalah pilihan terakhir. Proses mengembalikan hp android ke keadaan semula memperbaiki berbagai masalah lag dalam prosesnya.

Kata kunciSedang Main Game Rusak Terkait Chipset Hp – Kenapa Hp Suka Rusak Saat Main Game – https://www Revolusitekno com/2256/6-problem-Cause-hp-android-ngelag-dan-broken-patah-when-main -htmlpermainan-

Leave a Comment