5 Julukan di Kota Cimahi, Salah Satunya Kota Hijau

INFOCIMAHI – Meski hanya kota kecil di tengah Kota Bandung dan Kabupaten Bandung Barat, Cimahi mempunyai peranan penting dalam sejarah penjajahan Belanda, pendudukan Jepang, hingga era perang kemerdekaan.

Sejak zaman kolonial, Cimahi difungsikan sebagai barak militer Belanda. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya bangunan bersejarah dengan gaya arsitektur Belanda. Hal ini terkait dengan julukan yang melekat pada kota Cimahi.

Berikut lima julukan yang melekat pada kota Cimahi.

1. Kota Hijau
Julukan pertama, Kota Cimahi dikenal dengan sebutan “Kota Hijau” karena banyaknya taman kota dan ruang terbuka hijau. Selain itu, kota ini juga aktif mempromosikan kampanye hijau dan program daur ulang untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

2. Kota Militer
Julukan kedua, Kota Cimahi dikenal dengan sebutan “Kota Militer” karena di kota ini terdapat beberapa pusat pendidikan prajurit. Beberapa di antaranya adalah Pusat Pendidikan Artileri (Pusdikarmed) Medan, Pusat Pendidikan Polisi Militer Angkatan Darat (Pusdikpom), dan Pusat Pendidikan Pengetahuan Umum Militer (Pusdikpengmilum).

Selain itu, kota ini dipenuhi sejumlah masa militer. Beberapa di antaranya adalah Brigif 15/Kujang II, Pussenarhanud Kodiklatad, Kiban Yonzipur 3/Macan Kumbang, dan Koramil 0922/Cimahi.

3. Kota Industri
Julukan ketiga, Kota Cimahi juga sering disebut sebagai “Kota Industri” karena letaknya yang strategis. Kota ini memang menjadi basis berbagai industri manufaktur dan pabrik.

Selain itu, kota ini terkenal dengan produksi peralatan militer, tekstil, dan makanan. Hal ini menjadi salah satu pusat pertumbuhan ekonomi di wilayah kota Cimahi.

4. Kota Seni
Julukan keempat, Kota Cimahi disebut dengan “Kota Seni dan Budaya”. Sebab, Cimahi mempunyai komunitas seni yang hidup dan aktif. Ada berbagai acara seni dan budaya yang cukup sering diadakan di kota ini. Selain itu, Cimahi juga memiliki beragam kerajinan tradisional yang diapresiasi oleh para pecinta seni dan kolektor.

5. Kota Bukit
Terakhir, Kota Cimahi disebut sebagai “Kota Perbukitan” karena dikelilingi pegunungan dan lereng yang hijau. Meski kini kota Cimahi semakin ramai, namun masih ada keindahan alam yang membuat kota ini digemari para pecinta alam.

Berbagai julukan untuk kota Cimahi mencerminkan keunikan dan kekayaan kota ini. Mulai dari kota hijau yang mempesona hingga kota industri yang menjadi pusat pertumbuhan ekonomi di kota tersebut.

Selain itu, Cimahi menawarkan pengalaman berbeda dan dapat memperkuat identitas kota dengan julukan tersebut.

Leave a Comment