5 Cara Mengatasi Komputer Tidak Bisa Konek Internet Dengan Kabel Lan

Jika anda mengalami kendala internet melalui kabel LAN yang tidak terkoneksi dengan komputer. Biasanya akar masalahnya adalah driver ethernet yang tidak diinstal. Coba cek kembali, jika iya maka anda hanya perlu menginstalnya saja. Namun jika masalahnya berbeda, berarti Anda memerlukannya cara mengatasi komputer tidak bisa konek ke internet dengan kabel LAN pengikut.

Namun sebelum itu, Anda tetap harus mencari sumber masalahnya terlebih dahulu, karena bisa jadi masalahnya hanya ada pada komputer Anda saja. Salah satu cara yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan pengecekan adalah dengan melihat komputer lain yang juga terhubung dalam jaringan yang sama dengan komputer Anda, apakah komputer tersebut juga mengalami hal yang sama atau tidak.

Jika tidak berarti masalahnya memang ada pada komputer anda, namun jika semuanya sama berarti komputer tidak bisa terhubung ke internet melalui kabel LAN. Langkah-langkahnya juga cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti setiap langkahnya dengan detail yang tepat cara mengatasi komputer tidak bisa konek ke internet dengan kabel LAN dibawah ini.

Berikut beberapa langkah cara mengatasi komputer yang tidak bisa terhubung ke internet dengan kabel lan.

1. Hubungkan Komputer Dengan Jaringan Ethernet

Ethernet seringkali menjadi salah satu masalah penyebab komputer tidak bisa terhubung ke internet melalui kabel LAN, karena posisi ethernet mungkin tidak terhubung atau tidak aktif. Jadi Anda perlu memastikan kembali apakah jaringan ethernet sudah aktif dan terhubung dengan komputer. Langkahnya juga cukup mudah, Anda perlu masuk ke bagian Control Panel.

Kemudian cara mengatasi komputer tidak bisa konek ke internet dengan kabel LAN kali ini dengan masuk ke menu bertuliskan Network and Sharing Center. Kemudian Anda dapat mengklik opsi “Ubah pengaturan adaptor”, secara otomatis jendela baru akan terbuka dan Anda dapat melihat status ethernet. Jika sudah terkoneksi maka akan muncul status bertuliskan Enabled.

2. Perhatikan Juga Driver Ethernetnya

Penyebab tidak adanya jaringan internet di komputer melalui kabel LAN yang juga paling sering dialami orang adalah masalah pada driver internet, entah hilang bahkan rusak. Maka dari itu sebaiknya Anda memeriksanya juga untuk mengetahui permasalahannya. Biasanya, fitur Ethernet yang hilang adalah tanda silang merah pada ikon taskbar yang terdapat di jaringan.

Jika sudah seperti ini, Anda bisa menginstall ulang driver ethernet yang sesuai dengan koneksi LAN. Anda bisa mulai lagi mencari driver ethernet secara manual. Mulailah dengan menekan Windows+R pada keyboard lalu mengetik devmgmt.msc. Ini cara mengatasi komputer tidak konek ke internet dengan kabel LAN yang termudah.

Dengan mendapatkan driver ethernet yang tepat, maka Anda dapat menginstalnya kembali. Periksa lagi apakah perangkat mengatakan pengontrol ethernet muncul. Karena jika tidak ada, anda bisa klik expand sehingga muncul perangkat ethernet controller, jika berwarna kuning berarti drivernya mungkin rusak, terhapus, atau bahkan tidak terinstal.

3. Periksa juga kabel yang ada pada router

Cara mengatasi komputer tidak terhubung ke internet dengan kabel LAN kemudian melalui kabel yang terhubung ke router, switch, atau bahkan modem. Jika komputer tidak terhubung ke internet, Anda bisa mengeceknya di ujung kabel yang terhubung ke router. Pasalnya, bisa saja sambungan terputus karena ujung kabel kendor dan tidak terpasang dengan baik.

4. Periksa Kembali Kabel Lan yang Terhubung ke Komputer

Langkah selanjutnya setelah memastikan kabel pada router sudah terpasang dengan benar dan dipastikan terhubung dengan jaringan internet, langkah selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan yang sama pada kabel LAN yang digunakan pada komputer. Jika Anda memiliki komputer lain di sana, coba sambungkan kabel lain ke komputer tersebut.

Jika internet dapat berjalan normal berarti kedua koneksi berhasil dan dapat dipastikan permasalahan utamanya ada pada kabel LAN komputer anda. Namun jika di posisi Anda tidak terdapat komputer lain, maka Anda bisa menggantinya dengan kabel LAN lain atau kabel LAN baru. Cara mengatasi komputer tidak terhubung ke internet dengan kabel LAN cukup mudah bukan.

5. Langkah terakhir adalah restart dan reset router

Nah, langkah terakhir setelah memastikan kabel LAN sudah terkoneksi dengan baik namun ternyata internet masih tidak berfungsi adalah dengan melakukan restart dan reset router. Langkah pertama matikan router lalu hidupkan kembali. Tunggu di layar hingga muncul lampu indikator yang menandakan jaringan internet terhubung.

Nah, itulah beberapa ulasan mengenai cara mengatasi komputer tidak konek ke internet dengan kabel LAN yang bisa Anda praktikkan sendiri di rumah. Apalagi langkah-langkahnya juga mudah untuk dipahami bukan?

Kata kuncihttps://wwwrevolutiontekno com/3282/how-to-overcome-computer-not-connected-internet-with-lan-cable html – cara mengatasi komputer tidak terkoneksi dengan kabel lan – Periksa kabel LAN jika ada tidak ada koneksi internet – penyebab kabel lan tidak tersambung – mengatasi kabel LAN yang tidak tersambung – mengatasi ethernet LAN windows 10 tidak tersambung ke jaringan switching – lan pc tidak tersambung – Komputer tidak dapat tersambung ke internet dengan kabel LAN – Caranya untuk memperbaiki wifi di pc yang tidak terhubung dengan kabel lan – Tidak ada koneksi di jaringan LAN –

Leave a Comment