15 Jajanan Anak Sekolah yang Praktis dan Kekinian

Banyak sekali kenangan yang tidak akan pernah bisa kita lupakan saat masih bersekolah, salah satu yang membuat kita kangen dan ingin kembali ke masa sekolah adalah jajanan yang biasa banyak dijajakan di sekitar sekolah.

Jajanan sekolah dari masa ke masa memang sangat menggoda iman, bahkan ketika kita sudah lulus sekolah dan beranjak dewasa, kita selalu rindu dengan jajanan tersebut.

Saat ini ada beberapa jajanan jadul yang kembali populer, serta jajanan jenis baru yang dijamin rasanya nikmat.

Berikut rekomendasi jajanan anak sekolah yang praktis dan murah menurut Anakcilegon.com.

Jajanan anak sekolah yang lagi viral

1. Telur Gulung

telur gulung

Telur gulung merupakan salah satu jajanan anak sekolah yang sudah ada sejak lama. Proses pembuatannya cukup sederhana dan mempunyai rasa yang lezat.

Cocok untuk ngemil dan dimakan dengan sambal.

Cara membuat telur gulung yang bisa Anda coba di rumah, pertama campurkan telur dengan air, lalu tambahkan merica dan kaldu bubuk sesuai selera.

Kocok telur hingga berbusa, lalu tuang perlahan telur ke dalam minyak panas, lalu cepat gulung telur yang dimasukkan dengan tusuk sate.

Diamkan beberapa saat, tiriskan, dan sate telur gulung siap dinikmati.

Atau kalau gak mau ribet bisa beli langsung ke penjual egg roll yang biasa mangkal di sekitar sekolah.

Harga telur gulung berkisar Rp 1.000 hingga Rp 3.000 per tusuk.

Baca juga: 20 Jajanan Pasar Paling Laris di Indonesia

2. Cilok

mengintip

Cilok singkatan dari aci dicolok. Cilok merupakan jajanan lezat khas Bandung yang sudah terkenal di seluruh Indonesia.

Bentuk makanan ini sekilas mirip bakso, terbuat dari tepung tapioka, dan memiliki tekstur kenyal, dengan rasa gurih.

Mencari penjual cilok saat ini masih cukup mudah, Anda bisa mencarinya di sekitar sekolah, kampus, hingga tempat umum yang ramai pengunjung.

Harga cilok biasanya Rp 500 per biji, namun bisa berbeda-beda tergantung lokasi dan ukuran cilok.

Satu lagi, jangan lupa jajanan anak sekolah ini paling enak disantap dengan campuran saus kacang dan sambal yang ditaburkan di atasnya.

3. Sosis Panggang

sosis panggang

Disukai banyak orang dan sangat populer di kalangan anak sekolah, itulah sosis bakar. Satu lagi jajanan anak sekolah terlaris yang tim ACDC rekomendasikan untuk Anda coba.

Biasanya sosis bakar yang dijajakan kakak-kakak di sekolah berukuran kecil dan dilumuri bumbu yang bisa dipilih sendiri, ada rasa BBQ, pedas, asin, hingga lada hitam.

Harga sosis bakar berkisar antara Rp5.000 – Rp10.000 per porsi.

Baca juga: 20 Jajanan Indomaret Enak dan Terlaris Tahun 2022

4.Batam

batagor

Bakso tahu goreng atau yang lebih dikenal dengan Batagor tidak hanya menjadi jajanan favorit anak sekolah saja namun juga menjadi favorit banyak orang.

Makanan urang bandung ini terbuat dari tahu yang dicampur dengan tepung terigu dan ikan tenggiri. Untuk penyajiannya, batagor biasanya disajikan dengan saus kacang dan kecap.

Namun kini ada varian batagor baru yang bisa Anda coba yaitu kuah batagor. Soal rasa tidak jauh berbeda dengan batagor kering.

Harga batagor biasanya Rp 10.000 untuk satu porsinya.

5. Bakso

bakso

Biasa disajikan dengan kuah yang nikmat, bakso menjadi salah satu jajanan anak sekolah favorit di Indonesia yang mudah ditemukan.

Penjual bakso biasanya menggunakan gerobak atau sepeda motor untuk berjualan keliling komplek, berhenti atau singgah di depan sekolah, atau di pengkolan.

Ada berbagai macam bakso yang bisa anda coba, mulai dari bakso urat, bakso bakar, bakso goreng, bakso sate, bakso domba, dan masih banyak lagi bakso viral lainnya.

Harga satu porsi bakso bervariasi, tergantung penjual dan bahan yang digunakan dalam bakso tersebut.

Namun saat ini jajanan bakso masih relatif terjangkau di kalangan ibu rumah tangga dan anak sekolah.

Baca juga: 20 Kedai Kopi di Cilegon yang Enak dan Asyik untuk Nongkrong

6. Telur Ping Pong

telur pingpong

Salah satu jajanan anak sekolah yang sedang viral yaitu telur pingpong. Sebenarnya telur pingpong sudah dikenal sejak lama dan termasuk dalam kuliner tradisional Yogyakarta.

Makanan yang cukup kuno ini, jajanan ini terbuat dari telur ayam atau telur puyuh yang sudah dikocok dan dicampur dengan berbagai bumbu seperti garam, merica, daun bawang, dan penyedap lainnya.

Selanjutnya telur dituang ke dalam loyang bulat kecil seukuran bola pingpong, sehingga membuat ukuran dan bentuknya menyerupai bola pingpong.

Harga telur pingpong biasanya Rp 5.000 per porsi.

7. Jepit Kue

sejumput kue

Jajanan yang satu ini cukup populer di kalangan anak-anak. Selain rasanya yang manis dan lumer di lidah, kue cubit cocok dijadikan camilan untuk menekan rasa lapar.

Kue cubit merupakan jajanan anak sekolah yang memiliki berbagai macam rasa, ada yang coklat, rasa pandan, bahkan ada yang menambahkan topping coklat green tea, ceres, hingga keju.

Sudah tidak sabar untuk ngemil kue hasta? Anda bisa mengunjungi sekolah terdekat di kota anda, biasanya di sana akan ada penjual kue cubit yang berkeliaran.

Harga kue cubit saat ini berkisar Rp. 5.000 hingga Rp. 12.000 per kotak, ini juga tergantung topping dan rasa yang Anda pesan.

Baca juga: 10 Makanan Khas Cilegon Paling Enak dan Populer

8. Cilor

cilor

Selain cilok, ada lagi jajanan dari aci yang cukup hits di kalangan anak sekolah yaitu cilor atau aci telor.

Sesuai dengan namanya, cilor merupakan sejenis cilok yang hanya dibalut dengan telur.

Rasanya yang kenyal dan nikmat dipadukan dengan sambal pedas yang gurih atau dicocol dengan saus kacang bisa membuat Anda ketagihan untuk terus mencobanya.

Penjual cilor sangat mudah ditemui di sekitar sekolah, pinggir jalan, pasar, hingga pusat jajanan di kota Anda. Atau jika penasaran, Anda juga bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah.

Sebagai jajanan yang disukai anak-anak, harga cilor cukup ekonomis, sekitar Rp 1.000 per tusuk.

9. Mie Lidi

mie tongkat

Kembali populer dan banyak dicari oleh orang dewasa, mi stick merupakan jajanan anak tahun 90an yang bentuknya unik seperti sapu, panjang, tipis, renyah, dan memiliki bumbu gurih berpadu pedas.

Ternyata, rasa pedas dan gurih inilah yang membuat jajanan anak sekolah yang viral ini enak dan asyik disantap.

Nah buat kamu yang rindu ngemil mie tusuk, kini kamu juga bisa membelinya secara gratis on line di dalam pasar karena saat ini sudah jarang kita jumpai penjual mie tusuk (lidi-lidian) di sekitar sekolah atau di warung dekat rumah anda.

Baca juga: 16 Tempat Makan Terenak dan Murah di Cilegon

10. Tahu Bulat

tahu bulat

Tahu bulat digoreng dadakan! Pastinya Anda sudah tidak asing lagi mendengar slogan tersebut.

Jajanan yang sempat viral beberapa tahun lalu ini memang cocok jika disantap selagi hangat dengan taburan bumbu pedas, asin, dan balado yang membuat ketagihan.

Tahu yang bentuknya bulat sebenarnya berongga tanpa isi. Cara membuat tahu bulat juga cukup mudah dan tidak memerlukan alat yang ribet.

Bahkan Anda bisa melihat langsung proses pembuatan tahu bulat saat penjual lewat menggunakan mobil pick up terbuka.

Harga tahu bulat berkisar Rp1.000 hingga Rp2.500 per biji.

11. Kue Kera

kue apa

Kue kera merupakan jajanan tradisional yang masih digemari hingga saat ini. Jajanan ini banyak digemari karena bentuknya yang unik, warnanya hijau dan pinggirannya renyah namun lembut di bagian tengah.

Jajanan anak sekolah ini membawa nostalgia masa kecil, karena saat itu banyak pedagang kue kera yang berjualan di depan sekolah, jalan-jalan di sekitar kompleks, dan harganya murah.

Kue kera umumnya menggunakan pasta pandan yang dicampurkan ke dalam adonannya. Tapi, jika ingin membuatnya sendiri di rumah, Anda bisa menambahkan berbagai topping sesuai selera.

Kini, tiga kue kera harganya sekitar Rp 5.000.

Baca juga: 20 Makanan Khas Daerah di Indonesia yang Wajib Dicoba

12. Es Mambo

es mambo

Minuman yang segar dan manis di siang hari yang panas, tentu akan terasa nikmat saat disantap. Itulah es mambo yang bisa menjadi pelepas dahaga saat cuaca sedang panas.

Es mambo merupakan jajanan anak sekolah yang mudah dibuat dan tak lekang oleh waktu. Terbuat dari air minum yang dicampur sirup, kemudian dibekukan di lemari es menggunakan plastik es yang diikat di ujungnya.

Jajanan murah ini masih menjadi salah satu favorit di kalangan anak sekolah.

13. Aroma Pisang

aroma pisang

Jajanan anak sekolah yang praktis dan murah selanjutnya adalah pisang aroma. Pisang yang dibungkus kulit lumpia ini digoreng saat dipesan sehingga renyah dan gurih.

Isinya bisa coklat dan keju, biasanya ditaburi gula atau susu kental manis. Cocok untuk camilan sore hari karena rasanya yang enak dan mengenyangkan.

14.Cireng

cireng

Jajanan ini berbahan dasar aci dan berasal dari daerah sunda yaitu cireng atau aci goreng. Jajanan dari aci memang selalu nikmat, memiliki rasa gurih dan tekstur kenyal.

Cireng biasanya disantap dengan bumbu kacang, namun saat ini penjual cireng sudah semakin berkembang dan kreatif, kini anda bisa mencoba cireng dengan isian seperti cireng isi bakso, sosis, keju, bahkan cireng isi daging ayam.

Apakah Anda tertarik membuat cireng di rumah? atau kamu lebih suka beli cireng dari abang goreng?

15. Pentol

bakso

Mirip tapi tak sama, itulah pentol yang bisa dibilang nama lain dari bakso. Namun bedanya pentol bisa disajikan tanpa kuah, teksturnya juga lebih kenyal di lidah.

Pentol sering kita jumpai disekitar sekolah karena jajanan anak sekolah yang satu ini sangat disukai oleh anak-anak.

Bahan dasar pembuatan pentol mirip dengan bakso yaitu campuran daging ayam atau sapi dan juga tepung terigu.

Biasanya pentol disantap dengan isian tahu, siomay, dan bumbu kecap serta kecap sehingga rasanya semakin nikmat dan bergizi.

Bagaimana? Adakah yang kurang dari jajanan anak sekolah yang direkomendasikan tim ACDC di atas? Ya, selamat mencoba dan bernostalgia lagi.

Leave a Comment