10 Mainan Jadul 90an ini Bikin Kamu Nostalgia, Masih Inget?

Halo Teman MI!

Siapa yang lahir di tahun 90an? Tak terasa anak-anak tahun 90an kini sudah semakin tua. Namun, masih ingatkah Anda dengan mainan jadul yang dulunya sangat populer di kalangan anak-anak? Saat itu belum ada yang namanya gadget canggih, sehingga mainan ini menemani hari anak Indonesia.

Yuk, bernostalgia dan kangen dengan mainan-mainan jaman dulu tahun 90an yang menemani masa kecil kita. Dimana mainan kesukaan teman MI?

1. Kelereng

Bermain kelereng
Sumber: Inibaru.id

Permainan kelereng sering dimainkan oleh anak-anak jaman dulu. Biasanya kalau main kelereng, siap-siap lutut pegal karena banyak jongkok. Kelereng berbentuk bulat dengan warna yang beragam mulai dari hijau, putih, biru hingga hitam.

Permainan ini dimainkan dengan cara membidik menggunakan jari, dan berusaha memasukkan kelereng ke dalam lubang. Namun, ada beberapa cara bermain kelereng, biasanya tergantung pada keputusan pemain.

2. Monopoli

monopoli
Sumber: kompas.com

Siapa yang dulu suka bermain Monopoli? Permainan ini biasanya dimainkan lebih dari satu orang. Sobat MI bisa membeli tanah, rumah bahkan hotel dari nama-nama negara yang ada dalam permainan monopoli tersebut.

Jangan lupa ada mainan uang kertas yang digunakan sebagai alat pembayaran di Monopoly. Jika Anda menang dalam permainan monopoli, Anda merasa seperti tiba-tiba kaya, yang dapat memiliki rumah dan tanah di seluruh dunia. Anda bahkan bisa membeli Monas dan Menara Eiffel juga!

Seiring dengan perkembangan digital, kini mainan monopoli telah dimodifikasi menjadi permainan digital.

3. Yoyo

bermain yo-yo
Sumber: statistik.tempo.co

Mainan lawas tahun 90an ini pasti bikin kamu kangen banget. Apalagi anak laki-laki pastilah mainan favoritnya. Namanya yoyo, mainan yang bentuknya bulat, terbuat dari kayu, dan ada tali di tengahnya.

Cara memainkannya sangat mudah, kamu hanya perlu menjepit tali dengan jari lalu gerakkan tangan ke atas dan ke bawah seperti menarik tali.

4. Ular tangga

ular tangga
Sumber: jabarekspres.com

Kalau sampai sekarang permainan ini masih kita jumpai, biasanya paketnya sama dengan monopoli. Untuk memenangkan permainan ini, para pemain harus bergantian mengocok dadu hingga mencapai angka 100.

Pastinya perjalanan menuju garis finis tidak akan mudah. Kadang kita sudah berada di nomor 90, namun harus turun ke nomor 1 karena kena ular. Benar-benar butuh kesabaran dan keberuntungan.

Sekarang sobat MI, kalian bisa mendownload aplikasi Ular Tangga di ponsel kalian dan bermain bersama teman kalian. Tapi apakah Anda setuju bahwa suasananya tidak akan semenyenangkan bermain di papan saat itu juga?

5. Balon Gelembung Tiup

balon peniup gelembung
Sumber: blogpictures.99.co

Siapa yang dulu suka meniup balon karet hingga pipinya sakit? Biar mimin tebak, pasti suka tiup balon sampai besar sama teman-teman ya? Kadang-kadang melelahkan, tapi membuat ketagihan!

Dulu, balon tiup sangat mudah ditemukan. Nanti kita akan diberikan tabung berisi gel dan pipa tiup. Harganya hanya 500 perak, dan satu tabung bisa dipakai dua kali.

6. Bongkar pakaiannya

Permainan membongkar pakaian
Sumber: cdn-image.hipwee.com

Kalau mainan ini sering dimainkan oleh anak perempuan. Bongkar baju adalah mainan yang terbuat dari kertas dengan berbagai macam gambar manusia dan berbagai jenis pakaian.

Cara mainnya mudah banget, sisa baju tinggal ditempel di badan gambar manusia sesuai keinginan. Biasanya cewek akan memainkan ini dengan menceritakan kisah menjadi pov dari manusia yang didandaninya.

7. Gamebot

gamebot
Sumber : goodnewsfromindnesia.id

Gamebot menjadi mainan yang sangat-sangat keren di era tahun 90an. Anak-anak yang bermain gamebot akan terlihat keren di masa lalu. Karena harganya yang mahal, tidak semua anak bisa memilikinya.

Dalam gamebot Berbagai macam permainan bisa kamu mainkan, salah satunya adalah permainan batu bata yang harus tertata rapi untuk mendapatkan poin yang tinggi.

8. Congklak

Bermain congklak
Sumber: sinergijatim.com

Congklak merupakan mainan jadul yang papannya terbuat dari kayu atau plastik. Permainan ini dimainkan oleh 2 orang.

Cara memainkannya cukup mudah yaitu dengan mengisi setiap lubang pada papan congklak dengan nomor yang sama, kemudian para pemain secara bergiliran mengambil biji atau batu kecil yang ada di dalam lubang tersebut untuk ditempatkan pada setiap lubang yang dilewatinya hingga lubang tersebut bertemu dengan lubang yang kosong. , lalu permainan berganti ke pemain lain.

9. Bola Bekel

bola bekel
Sumber: quora.com

Mainan jadul yang satu ini pasti jadi favorit cewek. Permainan yang menggunakan satu bola dan biji ini biasa disebut bekelan. Pemain hanya perlu memantulkan bola ke udara, sedangkan bola memantul sekali di lantai pemain perlu membalik biji sesuai kondisi.

10. Tamiya

tamiya
Sumber: pbs.twimg.com

Kalau mainan jadul ini pasti jadi favorit para cowok. Tamiya merupakan mainan mobil yang menggunakan mesin. Mainan Tamiya dulunya sangat populer di kalangan anak-anak tahun 90an. Serunya bermain tamiya tentu saja mobil tamiya saling berpacu satu sama lain.

BACA JUGA: Mainan Lato-Lato 90an yang Lagi Hits

Nah itulah 10 mainan jadul tahun 90an yang bikin kamu kangen masa kecil. Bagaimana? Apakah kamu sudah cukup melewatkannya? Masih bisakah kamu menemukan mainan ini di dekat rumahmu? Coba jawab di kolom komentar ya sobat MI!

Jangan lupa untuk terus membaca postingan kami ya sobat MI. Mudah. Dengan sekali klik Di Sini. Rasakan manfaat, kesenangan, dan keseruan mengenal Indonesia melalui postingan di website dan akun media sosial mengenal Indonesia.

Leave a Comment